KERJASAMA PEMASARAN? HUBUNGI EMAIL : smkalqudsy@gmail.com atau Telp 085295870267 , Kami Siapkan Kader-kader Marketing Terlatih Untuk Membantu Anda

Jumat, 15 April 2011

Guru Menguasai Internet...Insya Allah Kualitas Pendidikan Meningkat!

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini telah membawa perubahan yang besar pada berbagai aspek kehidupan. Teknologi tersebut seakan-akan dapat mempersempit ruang dan waktu. Dengan menggunakan email misalnya seseorang dapat berkirim surat dengan rekannya yang berada di belahan bumi lain hanya dalam hitungan menit saja, bahkan dengan instant mesenger mereka dapat berbincang-bincang seolah-olah berada di ruangan yang sama. Selain kedua hal tersebut masih banyak pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya.

Kemajuan teknologi juga banyak membawa perubahan pada sektor pendidikan. Jika jaman dahulu guru dianggap sebagai satu-satunya sumber informasi, sekarang siswa dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber media, bisa dan mungkin terjadi seorang siswa memiliki informasi yang lebih dahulu dan lebih lengkap daripada gurunya. Oleh karena itu penguasaan teknologi informasi dan komunikasi adalah hal yang mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi yang harus dikuasai setiap guru agar dapat menjadi pendidik dan pembina para siswanya sesusai dengan tuntutan jaman.

Maju maupun mundurnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan rakyatnya. Di manapun di seluruh dunia bangsa yang maju dan makmur pada awalnya memulai pembangunan dari pengembangan sumber daya manusianya, yang tentu saja melalui pendidikan yang berkualitas dan terukur keberhasilannya.

Mendapatkan pendidikan yang berkualitas jelas memerlukan tenaga pendidik yang professional yang menguasai berbagai keahlian, termasuk di dalamnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Meningkatkan kualitas guru, tentu saja para guru harus mampu berbagi ilmu dan pengalaman melalui berbagai sumber pembelajaran dari berbagai media. Salah satu media yang dapat dijadikan pilihan adalah melalui internet.

Saat ini, guru dituntut dengan keadaan dan situasi jaman, mampu melakukan riset (penelitian), mampu menulis, mampu menjalin networking dengan guru-guru lain di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia mengingat media dan perkembangan teknologi memungkinkan hal itu terjadi.

Bahkan komunitas maya ( komunitas jaringan internet) sudah merupakan keniscayaan. Melalui komunitas maya tersebut, para guru di seluruh dunia dapat berkontribusi, berkolaborasi, berbagi dan memanfaatkan media yang membuat mereka mampu mengembangkan profesinya dengan optimal.

Tunggu apa lagi...Segeralah para guru bergabung di komunitas maya, jalin kebersamaan, jalin informasi dan komunikasi se intens mungkin dengan rekan-rekan sejawat di manapun berada. Gunakan sumber daya dan dana di sekolah masing-masing untuk mendapatkan fasilitas internet. Raih informasi sebanyak mungkin, karena bilamana ingin jadi pemenang adalah yang terlebih dahulu mendapatkan informasi itu. Terima kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar